Tentang Jurnal Ini

                                         

Tentang Jurnal

Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik adalah jurnal nasional berbasis penelitian yang diterbitkan oleh organisasi profesi ilmiah untuk Pendidikan Agama Katolik, yakni Perkumpulan Perguruan Tinggi Agama Katolik Indonesia (PERPETAKI).

Artikel-artikel yang dimuat merupakan konversi hasil penelitian di bidang ilmu Pendidikan Agama Katolik.

Anggota dewan penyunting dan mitra bebestari berasal dari lebih daripada enam provinsi di Indonesia.

Terbit 2 (dua) kali setahun (Maret dan September).

Artikel-artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Fokus dan Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Jurnal ini adalah Rumpun Pendidikan dengan Sub-rumpun Pendidikan Agama Katolik. Jurnal ini bukan jurnal bunga rampai. Karena itu, artikel-artikel dalam jurnal harus berada dalam cakupan ini. Akan tetapi, adalah baik dan tepat apabila artikel membedah Sub-rumpun Pendidikan Agama Katolik ke arah yang lebih spesifik, misalnya: dalam konteks Kitab Hukum Kanonik, Kitab Suci, Pastoral, Liturgi, dan sebagainya.

Sejarah Jurnal 

Penelitian merupakan bagian hakiki dari insan akademis. Hasil atau produk dari dharma kedua dari setiap perguruan tinggi ini perlu dipublikasi sehingga berdampak terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat itu sendiri. Kewajiban publikasi berlaku juga bagi setiap dosen PT-PT Pendidikan Agama Katolik yang bergabung di bawah PERPETAKI.

Mengingat kebutuhan sarana publikasi yang bermutu bagi para dosen dan juga para pegiat akademis di bidang Pendidikan Agama Katolik, pada tanggal 28 November 2018 di UNIO Indonesia, Kramat, Jakarta, para pengurus PERPETAKI membuat komitmen untuk menerbitkan jurnal di bidang ilmu Pendidikan Agama Katolik (JPPAK). Jurnal ini sejak awal diarahkan kepada jurnal terakreditasi nasional.

Komitmen para pengurus inti PERPETAKI kemudian disosialisasikan dalam rapat bersama seluruh pimpinan perguruan tinggi yang dipayungi PERPETAKI pada tanggal 16 Mei 2019. Di dalam rapat umum yang diadakan di Gunung Sitoli, Nias ini, seluruh peserta menyatakan dukungan mereka untuk bekerja sama menerbitkan jurnal ini. Disepakati beberapa hal dalam rapat tersebut: (1) Jurnal ini akan menjadi sarana publikasi terstandarisasi berbasis penelitian; (2) Jurnal ini akan terbit 2 (dua) kali setahun; (3) para pemimpin PT berkomitmen untuk mendorong para dosen mereka untuk mengirimkan artikel-artikel penelitian mereka secara rutin; (4) kerja sama dalam proses reviewer.

Puji Tuhan, setelah melalui persiapan panjang dan komunikasi intensif, akhirnya pada Maret 2021 diterbitkan edisi pertama dari JPPAK ini.

Kebijakan berkaitan dengan Reviewing

Seluruh proses review dilakukan dalam bentuk double-blinded review. Artinya, para reviewer tidak mengetahui siapa pengarang artikel, dan sebaliknya, pengarang tidak akan diberi nama dan cara menghubungi para pengarang secara langsung.

Pernyataan Hak Cipta

Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.

Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.

Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.

Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)

Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
  2. Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
  3. Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing), tetapi tidak dalam OJS lain karena akan terdeteksi oleh aplikasi-aplikasi pengecekan plagiarisme. Dengan demikian, pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).

Privasi

Setiap informasi dan biodata yang digunakan oleh baik oleh author, reviewer, editor, proofreader, maupun reader untuk login dan isian biodata tidak akan diberikan kepada pihak luar dan hanya akan digunakan untuk keperluan administrasi JPPAK. Seluruh informasi dan biodata pengguna dilindungi oleh undang-undang.

Dasar-dasar hukum untuk Perlindungan Data dan Privasi: