Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Katolik Seminari Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.143Kata Kunci:
Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Minat, Minat BelajarAbstrak
Minat belajar menjadi salah satu hal pokok yang dapat
menunjang proses pembelajaran. Pada kenyataannya masih
banyak siswa yang merasa bosan belajar dan jenuh karena cara
belajar yang masih bersifat konvensional. Hal ini berkaitan
dengan kurikulum yang dipakai sekolah karena salah satu faktor
pendukung bagi peningkatan minat belajar siswa, yaitu
kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Seminari Santo
Fransiskus Xaverius Kakaskasen, untuk mengetahui bagaimana
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Kelas X, faktor pendukung dan penghambat
serta upaya peningkatan minat belajar siswa dalam penerapan
Kurikulum Merdeka Belajar. Jenis metode yang digunakan yaitu
metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang
didapatkan yaitu Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di
SMA Katolik Seminari Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen.
Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti tersedianya platform
merdeka mengajar, adanya kegiatan IHT atau sosialisasi, dan
faktor penghambat seperti kurangnya akses internet dan ruang
komputer serta sarana-prasarana yang kurang memadai. Ada
pun upaya yang dilakukan sekolah yakni melaksanakan kegiatan studi tiru bagi guru-guru di sekolah SMA N 8 Manado, guru harus
lebih kreatif dalam proses pembelajaran, dan perihal penyediaan
sarana-prasarana. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan
diantaranya: Pertama, Kurikulum Merdeka Belajar sudah
diterapkan di SMA Seminari yang ditandai dengan adanya
kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kedua,
terdapat faktor yang mempengaruhi penerapan Kurikulum
Merdeka Belajar demi peningkatan minat belajar siswa yang
dijabarkan dalam faktor pendukung dan penghambat. Ketiga,
upaya yang dilakukan sekolah yaitu melaksanakan studi tiru di
sekolah lain menyangkut Kurikulum Merdeka Belajar, cara guru
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta
pemberian fasilitas sekolah yang mendukung
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Christofora Dominika Kalele, Fecky Evendy Singal, Marthinus Marcel Lintong
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).