Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Katolik Seminari Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen

Penulis

  • Christofora Dominika Kalele STP Don Bosco Tomohon
  • Fecky Evendy Singal STP DON BOSCO TOMOHON
  • Marthinus Marcel Lintong STP DON BOSCO TOMOHON

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.143

Kata Kunci:

Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Minat, Minat Belajar

Abstrak

Minat belajar menjadi salah satu hal pokok yang dapat
menunjang proses pembelajaran. Pada kenyataannya masih
banyak siswa yang merasa bosan belajar dan jenuh karena cara
belajar yang masih bersifat konvensional. Hal ini berkaitan
dengan kurikulum yang dipakai sekolah karena salah satu faktor
pendukung bagi peningkatan minat belajar siswa, yaitu
kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Seminari Santo
Fransiskus Xaverius Kakaskasen, untuk mengetahui bagaimana
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Kelas X, faktor pendukung dan penghambat
serta upaya peningkatan minat belajar siswa dalam penerapan
Kurikulum Merdeka Belajar. Jenis metode yang digunakan yaitu
metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang
didapatkan yaitu Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di
SMA Katolik Seminari Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen.
Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti tersedianya platform
merdeka mengajar, adanya kegiatan IHT atau sosialisasi, dan
faktor penghambat seperti kurangnya akses internet dan ruang
komputer serta sarana-prasarana yang kurang memadai. Ada
pun upaya yang dilakukan sekolah yakni melaksanakan kegiatan studi tiru bagi guru-guru di sekolah SMA N 8 Manado, guru harus
lebih kreatif dalam proses pembelajaran, dan perihal penyediaan
sarana-prasarana. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan
diantaranya: Pertama, Kurikulum Merdeka Belajar sudah
diterapkan di SMA Seminari yang ditandai dengan adanya
kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kedua,
terdapat faktor yang mempengaruhi penerapan Kurikulum
Merdeka Belajar demi peningkatan minat belajar siswa yang
dijabarkan dalam faktor pendukung dan penghambat. Ketiga,
upaya yang dilakukan sekolah yaitu melaksanakan studi tiru di
sekolah lain menyangkut Kurikulum Merdeka Belajar, cara guru
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta
pemberian fasilitas sekolah yang mendukung

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-09-15

##submissions.accepted##

2024-09-23

Diterbitkan

2024-09-25

Cara Mengutip

Kalele, C. D., Singal, F. E., & Lintong, M. M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Katolik Seminari Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 4(2), 147-159. https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.143