Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning dalam Mata Kuliah Statistika terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Keagamaan Katolik untuk Melaksanakan Penelitian Kuantitatif

Penulis

  • Varetha Lisarani Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.139

Kata Kunci:

Problem-based Learning, Statistika, Minat, Penelitian Kuantitatif, Pendidikan Keagamaan Katolik

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan Problem-based Learning (PBL) pada mata kuliah Statistika terhadap minat mahasiswa calon guru Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak dalam melaksanakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap rendahnya minat mahasiswa untuk melaksanakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengukuran minat mahasiswa dilakukan melalui angket dengan skala Likert 4 derajat yang mencerminkan fase minat tertinggi yaitu well-developed individual interest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam mata kuliah Statistika memiliki pengaruh sedang terhadap minat mahasiswa PKK untuk melaksanakan penelitian kuantitatif. Dalam diskusi, penelitian ini mengungkap bahwa PBL mendorong kolaborasi, pemahaman konsep, dan pemecahan masalah bersama, yang meningkatkan minat mahasiswa untuk melakukan penelitian kuantitatif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa PBL membuat mata kuliah Statistika menjadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi mahasiswa yang sebelumnya enggan dengan matematika.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-09-08

##submissions.accepted##

2024-09-21

Diterbitkan

2024-09-25

Cara Mengutip

Lisarani, V. (2024). Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning dalam Mata Kuliah Statistika terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Keagamaan Katolik untuk Melaksanakan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 4(2), 120-133. https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.139