Pengenalan akan Allah dalam Pengalaman Hidup Kaum Muda Katolik
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.16Kata Kunci:
harapan, iman, kesulitan dan penderitaan hidup, setiaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami pengenalan akan Allah dalam pengalaman hidup manusia setiap hari, sehingga keberadaan-Nya yang paradoks tidak membuat manusia berhenti untuk semakin mengenal Dia. Penelitian ini memiliki empat rumusan masalah. Pertama, bagaimana pemahaman kaum muda Katolik tentang harapan? Kedua, bagaimana pemahaman kaum muda Katolik tentang iman? Ketiga, bagaimana kaum muda Katolik mengalami Allah ketika berhadapan dengan kesulitan dan penderitaan hidup? Keempat, apa yang membuat kaum muda Katolik berharap dan mengimani Allah lebih dalam hingga saat ini? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah 13 orang kaum muda Katolik, yang memiliki latar belakang pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal, dan usia yang beragam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara melalui facebook dan instagram, serta membagikan pertanyaan melalui google forms dan email. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harapan dipahami sebagai kekuatan atau pegangan hidup manusia. Sedangkan iman merupakan dasar pengharapan dan kepercayaan akan Allah yang memampukan seseorang untuk mengalami kehadiran dan pertolongan-Nya dalam menghadapi kesulitan dan penderitaan hidup. Dengan demikian kaum muda Katolik berharap dan mengimani Allah dalam hidup, sekalipun dalam kenyataannya tidak selalu mudah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan akan Allah hanya akan dialami apabila seseorang memiliki pemahaman yang baik dan mendalam mengenai harapan dan iman dalam peziarahan hidupnya di dunia.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).