Membangun Interaksi Karitatif Kaum Muda Katolik kepada Penyandang Disabilitas
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i4.162Kata Kunci:
Interaksi Karitatif, Orang Mudah Katolik, Penyandang DisabilitasAbstrak
Keberadaan kelompok penyandang disabilitas di dunia seringkali mendapatkan diskriminasi. Paradigma yang menganggap penyandang disabilitas tidak lebih baik dari pada kelompok non disabilitas merupakan suatu pandangan yang sangat kejam. Berbagai fakta memperlihatkan adanya perlakuan yang tidak adil dan diskriminatif yang dilakukan oleh masyarakat terutama orang muda kepada penyandang disabilitas saat memenuhi kebutuhan dasarnya. Stigma negatif telah menafsirkan penyandang disabilitas identik dengan orang yang sakit, lemah, tidak berdaya, dan hanya membebani orang lain. Kenyataan ini membuat penyandang disabilitas membutukan perhatian khusus yang merupakan tanggung jawab dan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan Gereja yang diantaranya orang muda katolik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Melalui observasi dalam penelitian ini, peneliti melaksanakan pengamatan secara langsung dan melihat bagaimana bentuk pelaksanaan interaksi karitatif yang dilakukan oleh Orang Muda Katolik terhadap penyandang disabilitas. Peneliti juga menggunakan metode wawancara untuk mendapatkan data atau informasi dari narasumber. Dari hasil wawancara mereka mengatakan bahwa Orang Muda Katolik (OMK) yang berada di Yayasan Bhakti Luhur sudah melakukan interaksi karitatif kepada anak disabilitas. Sedangkan dari hasil observasi kehidupan seorang pengasuh atau Orang Muda Katolik (OMK) dan anak yang berkebutuhan khusus di Yayasan Bhakti Luhur sudah membentuk sebuah keluarga kecil, dan di dalam kehidupan berkeluarga itu terdapat keluarga yang harmonis, keluarga yang tenteram dan juga damai. Keluarga yang selalu mendukung satu sama lain, keluarga yang selalu kompak dan dimana itu semua dapat dilihat dari kedekatan antara pengasuh dan anak dalam kehidupan sehari-hari.
Unduhan
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Edita Tersa Risa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).









