Pendidikan Moral Pada Mahasiswa dan Implikasi Dokumen Gereja Dignitas Infinita
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i1.202Kata Kunci:
Pendidikan dan Pemahaman Moral, Moral Kristiani, Diginitas InfiniteAbstrak
Penelitian ini bermula dari kegelisahan penulis terhadap rendahnya penanaman dan pemahaman nilai-nilai moral di kalangan mahasiswa. Pemahaman yang rendah ini ditunjukkan dengan perlakuan mahasiswa yang bertentang dengan moral umum dan moral Kristiani pada khususnya. Pemahaman moral yang baik tentu akan mengantarkan manusia untuk menghargai harkat dan martabat sesama. Oleh karena itu melalui kajian ini, penulis menyuarakan pesan yang disampaikan Paus Fransiskus dalam dokumen Dignitas Infinita. Penelitian ini dilakukan di kalangan mahasiswa aktif pada program studi Pendidikan Keagamaan Katolik, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak Tahun Akademik 2024/2024. Populasi dari penelitian ini berjumlah 917 mahasiswa dan sampel dari penelitian ini berjumlah 123 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, sedangkan teknik yang digunakan untuk menggali data yaitu menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data deskriptif, artinya penulis menjelaskan data hasil penelitian dengan mengaitkan teori bahasan yang ada dalam penelitian ini. Pemaparan angka dan grafik diikuti dengan penjelasan dan analisis penulis untuk menjelaskan hasil penelitian dalam bentuk angka. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemahaman siswa masih sangat rendah dalam hal pemahaman moral, baik moral umum maupun moral Kristiani. Maka penulis juga menyarankan agar peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang lebih luas mengenai pendidikan moral yang diterapkan dalam keluarga Katolik.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hemma Gregorius Tinenti, Erni Kanida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).