Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X di SMK Sanjaya Pakem

Penulis

  • Alexander Hendra Dwi Asmara Universitas Sanata Dharma
  • Maria Anuntiata Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik, Universitas Sanata Dharma,Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.208

Kata Kunci:

Pembelajaran berdiferensiasi, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, hasil belajar, strategi pembelajaran, D-Vucad

Abstrak

Penelitian ini hendak meneliti tentang pengaruh pembelajaran yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi pada peningkatan hasil belajar. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengambil bentuk rancangan penelitian one group pretest-posttest. Untuk pengambilan sampel, penelitian ini memakai teknik sampel jenuh. Jumlah responden sebanyak 50 orang. Tes hasil belajar dipakai oleh peneliti sebagai cara mendapatkan data-data penelitian. Setelah data terkumpul, tahap-tahap yang digunakan untuk menganalisis data meliputi uji normalitas data, uji hipotesis yang kemudian diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh berdasarkan data hasil belajar pretest dan post test didapatkan nilai mean pretest sebesar 72,73 sedangkan posttest sebesar 88,75. Nilai mean tersebut menunjukkan adanya perbedaan cukup signifikan antara nilai mean sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dalam uji-t, didapatkan nilai signifikansinya adalah 0,000. Sementara itu, hasil uji regresi dengan menerapkan model regresi linear sederhana didapatkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki besar pengaruh sebesar 72,4 %. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru yang mengampu mata pelajaran PAK dan BP dapat menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi sebagai pilihan strategi belajar mengajar demi meningkatkan hasil dari belajar para siswa.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2024-10-26

##submissions.accepted##

2025-05-05

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Asmara, A. H. D., & Anuntiata, M. . (2025). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X di SMK Sanjaya Pakem . Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 5(2), 145-163. https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.208