Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X di SMK Sanjaya Pakem
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.208Kata Kunci:
Pembelajaran berdiferensiasi, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, hasil belajar, strategi pembelajaran, D-VucadAbstrak
Penelitian ini hendak meneliti tentang pengaruh pembelajaran yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi pada peningkatan hasil belajar. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengambil bentuk rancangan penelitian one group pretest-posttest. Untuk pengambilan sampel, penelitian ini memakai teknik sampel jenuh. Jumlah responden sebanyak 50 orang. Tes hasil belajar dipakai oleh peneliti sebagai cara mendapatkan data-data penelitian. Setelah data terkumpul, tahap-tahap yang digunakan untuk menganalisis data meliputi uji normalitas data, uji hipotesis yang kemudian diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh berdasarkan data hasil belajar pretest dan post test didapatkan nilai mean pretest sebesar 72,73 sedangkan posttest sebesar 88,75. Nilai mean tersebut menunjukkan adanya perbedaan cukup signifikan antara nilai mean sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dalam uji-t, didapatkan nilai signifikansinya adalah 0,000. Sementara itu, hasil uji regresi dengan menerapkan model regresi linear sederhana didapatkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki besar pengaruh sebesar 72,4 %. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru yang mengampu mata pelajaran PAK dan BP dapat menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi sebagai pilihan strategi belajar mengajar demi meningkatkan hasil dari belajar para siswa.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alexander Hendra Dwi Asmara, Maria Anuntiata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).