Analisis Efektivitas Pembinaan Iman Anak Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Stasi Santo Yakobus Paroki Santo Padre Pio Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i3.350Kata Kunci:
Pembinaan iman, efektivitas, model CIPP, pendidikan katolik, anakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembinaan iman anak di Stasi Santo Yakobus Sukadono, Paroki Santo Padre Pio Helvetia dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik triangulasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Komponen context menyoroti kesesuaian program dengan visi Gereja dan kebutuhan umat lokal. Aspek input menilai kualitas tenaga pembina, ketersediaan sarana dan prasarana, serta keterlibatan orang tua dan dewan pastoral stasi. Komponen process menitikberatkan pada konsistensi pelaksanaan dan metode yang digunakan, termasuk pendekatan partisipatif dan kegiatan liturgis. Aspek product mengukur hasil berupa peningkatan spiritualitas, karakter moral, dan keterlibatan aktif anak dalam kehidupan menggereja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan iman telah berjalan dengan baik, relevan dengan konteks zaman, dan berdampak pada perkembangan iman anak seperti, peningkatan pemahaman anak terhadap ajaran iman Katolik, perubahan positif dalam sikap spiritual seperti kesetiaan berdoa dan keterlibatan dalam misa, serta perkembangan karakter Kristiani anak seperti kasih, kejujuran, dan kedisiplinan. Meskipun demikian, diperlukan penguatan dalam pelatihan pembina, pemanfaatan media digital, dan kolaborasi yang lebih erat antara Gereja dan keluarga. Temuan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam mengembangkan pendidikan iman yang kontekstual dan holistik di lingkungan Gereja Katolik.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Angelina Sijabat, Petrus Simarmata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).