Model Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Katolik (PAK) pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.64Kata Kunci:
Model, pemetaan, pengajaran, pembelajaran, PAK, evaluasi, identifikasiAbstrak
Keragaman paradigma dan model pembelajaran bermula dari keinginan memenuhi kebutuhan siswa. Materi pembelajaran dan pengajaran perlu disesuaikan seiring kebutuhan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan keragaman model pembelajaran beserta kompleksitas implementasinya bagi pengajar Pendidikan Agama Katolik (PAK) khususnya jenjang SMP yang berada pada Kota Pontianak. Hal ini meliputi, antara lain: pertama, model pembelajaran yang dipraktikkan oleh para guru PAK pada jenjang SMP; kedua, berbagai kendala yang ditemui oleh para guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) ketika menerapkan model pengajaran dan pembelajaran pada jenjang SMP; ketiga, sejauh mana kebutuhan para siswa terhadap spesifikasi pembelajaran dan pengajaran PAK. Penelitian dilakukan terhadap 6 SMP, terdiri dari 5 berstatus negeri dan 1 berstatus swasta Katolik. Data primer didapat melalui penggunaan teknik wawancara (interview). Tujuannya untuk memperoleh keterangan lisan dari sejumlah informan, seperti guru, siswa, dan pihak terkait lainnya. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur, yakni dengan tetap menggunakan pedoman wawancara namun tidak membatasi jumlah pertanyaan yang diajukan. Selain itu, informan dipilih secara purposive, dipilih berdasarkan kebutuhan data. Dalam penelitian ini juga dilakukan Focused Group Discussion (FGD) sebagai ajang diskusi dan pembekalan bagi para guru PAK dalam memerdalam wawasan mengenai model pengajaran dan pembelajaran. Hasil penelitian memerlihatkan bahwa model pembelajaran didominasi oleh model kooperatif, sedangkan kendala penggunaan beragam model adalah minimnya fasilitas yang tersedia serta tiadanya evaluasi dari para guru PAK terhadap model pembelajaran yang digunakan.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Gustaf Hariyanto, Florentinus Sutami, Kristina Laora, Aldi Alfrianza Sinulingga
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).