Upaya Meningkatkan Kinerja dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik di Papua
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.8Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran variabel kompetensi sebagai variable yang memediasi pengaruh rekrutmen dan kesadaran akan panggilan terjadap kinerja guru pendidikan agama Katolik. Penelitian menggunakan data primer dengan mengambil sampel sebanyak 51 guru pendidikan agama Katolik di wilayah keuskupan agung Merauke. Lima hipotesis diuji dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lima hipotesis terbukti signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor kompetensi memiliki peran penting sebagai mediasi, terbukti pengaruh rekrutmen dan kesadaran akan keluhuran panggilan sebagai guru pendidikan agama Katolik terhdadap kinerja secara langsung lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsungnya, yaitu melalui kompetensi. Hal ini mengindikasikan bahwa kompetensi memainkan peranan yang dominan dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Katolik di sekolah. Temuan ini sekaligus menjadi masukan bagi para penyelenggara sekolah agar menerapkan prosedur rekrutmen dan seleksi calon guru pendidikan agama Katolik sesuai dengan Kitab Hukum Kanonik 1983. Proses rekrutmen yang spesifik tersebut, memberi peluang untuk memperoleh guru pendidikan agama Katolik yang sungguh menyadari keluhuran panggilannya dan memiliki kompetensi yang memadai. Aspek-aspek yang ada akan berpengaruh terhadap kinerja guru ketika terlibat aktif dalam mengajar dan mendidik anak-anak di sekolah.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).