Upaya Meningkatkan Kinerja dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik di Papua

Penulis

  • Donatus Wea stk santo yakobus

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.8

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran variabel kompetensi sebagai variable yang memediasi pengaruh rekrutmen dan kesadaran akan panggilan terjadap kinerja guru pendidikan agama Katolik. Penelitian menggunakan data primer dengan mengambil sampel sebanyak 51 guru pendidikan agama Katolik di wilayah keuskupan agung Merauke. Lima hipotesis diuji dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lima hipotesis terbukti signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor kompetensi memiliki peran penting sebagai mediasi, terbukti pengaruh rekrutmen dan kesadaran akan keluhuran panggilan sebagai guru pendidikan agama Katolik terhdadap kinerja secara langsung lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsungnya, yaitu melalui kompetensi. Hal ini mengindikasikan bahwa kompetensi memainkan peranan yang dominan dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Katolik di sekolah. Temuan ini sekaligus menjadi masukan bagi para penyelenggara sekolah agar menerapkan prosedur rekrutmen dan seleksi calon guru pendidikan agama Katolik sesuai dengan Kitab Hukum Kanonik 1983. Proses rekrutmen yang spesifik tersebut, memberi peluang untuk memperoleh guru pendidikan agama Katolik yang sungguh menyadari keluhuran panggilannya dan memiliki kompetensi yang memadai. Aspek-aspek yang ada akan berpengaruh terhadap kinerja guru ketika terlibat aktif dalam mengajar dan mendidik anak-anak di sekolah.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2020-09-29

##submissions.accepted##

2020-12-01

Diterbitkan

2021-03-14

Cara Mengutip

Wea, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik di Papua. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 22-43. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.8