Internalisasi Karakter Katolik Berbasis Communio untuk Mewujudkan Smart Student pada Sekolah Menengah Atas Katolik di Ruteng
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i2.92Kata Kunci:
Internalisasi, Karakter Katolik, Communio, Smart StudentAbstrak
Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan bentuk internalisasi karakter Katolik pada Sekolah Menengah Atas Katolik di Kota Ruteng, sebagai upaya literasi komunitas yang kini lebih banyak dipengaruhi oleh komunitas virtual. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dianalisis dengan siklus reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Pengolahan data dibantu dengan software Atlas.ti versi 9.0.15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan internalisasi karakter Katolik antara lain faktor lingkungan yang kurang kondusif, kurangnya keteladanan guru, rendahnya motivasi belajar peserta didik, dan tawaran negatif komunitas virtual yang dibawa oleh teknologi digital. Bentuk internalisasi yang dilakukan dalam konteks sekolah Katolik adalah penguatan komunitas riil yang diinspirasi oleh konsep communio dalam Gereja Katolik yang berbasiskan nilai-nilai Kitab Suci. Penguatan komunitas berbasis communio minimal dilakukan melalui empat hal, yaitu pertama, rekayasa lingkungan bernuansa rohani Katolik; kedua, pembentukan kelompok rohani kecil seperti kelompok syering Kitab Suci, katekese, devosi, retret, rekoleksi, lomba baca dan cerdas cermat Kitab Suci dan ziarah ke situs-situs Rohani Katolik; ketiga, integrasi pembinaan spiritual berbasis teknologi informasi seperti penggunaan aplikasi e-katolik, vlog katekese Kitab Suci, web katolisitas, dan aplikasi profetis lainnya; keempat, internalisasi karakter berbasis asrama sebagai wadah pembinaan berkelanjutan, integratif, kolaboratif, dan sistematis. Namun demikian, penelitian ini masih terbatas pada konteks Sekolah Menengah Atas sehingga belum mengkaji konteks tingkatan sekolah formal lainnya. Selain itu, penelitian ini masih terbatas pada sekolah formal yang dikelola oleh Yayasan Katolik dan dikepalai oleh imam, rohaniwan dan rohaniwati Katolik.##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Keristian Dahurandi, Emanuel Haru, Rikardus Moses Jehaut
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).