Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Katolik melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Swasta Katolik Delitua
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i2.105Kata Kunci:
Supervisi Akademik, Kinerja Guru, Supervisi Akademik; Kinerja Guru; Kepala SekolahAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena adanya kekhawatiran terhadap
supervisi akademik Kepala Sekolah yang hanya dilakukan secara
formalitas saja sehingga mempengaruhi kualitas kinerja mengajar
guru. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses pelaksanaan supervisi akademik yang
dilakukan Kepala Sekolah dan mengetahui peningkatan kinerja
guru Pendidikan Agama Katolik melalui pelaksanaan supervisi
akademik yang lebih efektif oleh Kepala Sekolah. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik
yang baik oleh Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru,
terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran. Temuan dari penelitian ini adalah ditemukannya
hal-hal yang berada di luar dari instrumen penilaian yang
ditetapkan pada saat observasi supervisi berlangsung. Di sini
Kepala Sekolah mengarahkan guru untuk menemukan
kekurangannya sendiri dan Kepala Sekolah membimbing guru
untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan tersebut. Ada
juga terdapat temuan yang lain yaitu bagusnya kinerja guru
dengan mengupayakan peserta didik untuk selalu berpikir secara
kritis dan kreatif. Hal ini semakin meningkatkan kualitas
pembelajaran di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
bahwa supervisi akademik Kepala Sekolah memiliki dampak
positif bagi guru. Melalui supervisi tersebut, guru dapat
mempersiapkan diri dan meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, guru dapat mengalami perubahan yang lebih baik
setelah mendapatkan bimbingan dan pelatihan melalui supervisi
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sherly Yasinta Manalu, Johannes Sohirimon Lumbanbatu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).