Kontribusi Guru Pendidikan Agama Katolik Pegawai Negeri Sipil dalam Hidup Menggereja di Paroki Santo Yosep Delitua
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i2.107Kata Kunci:
Guru Pendidikan Agama Katolik; kontribusi; faktor pendorong; lima pilar gerejaAbstrak
dan faktor pendorong guru Pendidikan Agama Katolik Pegawai
Negeri Sipil (PNS) di Paroki Santo Yosep Delitua. Guru
Pendidikan Agama Katolik memiliki peran khusus dalam
mewartakan nilai-nilai kerajaan Allah kepada siswa di sekolah
dan dianggap sebagai utusan Tuhan dan rasul Kristus yang
memperkenalkan belas kasih Allah kepada dunia. Mereka juga
berkontribusi dalam misi dan pelayanan Gereja. Kontribusi guru
Pendidikan Agama Katolik meliputi peran ganda sebagai pewarta
dan pengajar, petugas pastoral, serta pembina umat beragama.
Guru Pendidikan Agama Katolik memiliki tanggung jawab untuk
mendidik, membimbing, dan mewartakan Sabda Allah kepada
siswa agar mereka dapat mengikuti ajaran Yesus. Selain
memberikan tanggung jawab kepada siswa guru Pendidikan
Agama Katolik juga memberikan diri dalam hidup mengerja
dengan melakukan lima pilar gereja yakni Liturgia, Kerygma,
Diakonia, Koinonia, dan Martyria. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kontribusi dan
faktor pendorong guru Pendidikan Agama Katolik Pegawai Negeri
Sipil dalam hidup menggereja di Paroki Santo Yosep Delitua.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, penentuan sampel data dengan teknik snowball
sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru
Pendidikan Agama Katolik Pegawai Negeri Sipil berkontribusi
dalam hidup menggerja dengan lima pilar gereja yaitu Liturgia,
Kerygma, Diakonia, Koinonia, dan Martyria. Guru Pendidikan
Agama Katolik memiliki faktor pendorong untuk berkontribusi dalam hidup menggeraja yakni faktor sukarela, faktor pengabdian
diri, dan faktor menjadi teladan.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maduma Arihta Br Sinurat, Johannes Sohirimon Lumbanbatu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).