Pendidikan Kaul Ketaatan bagi Biarawan Generasi Z: Studi Kasus di Biara Skolastikat MSC Pineleng

Penulis

  • Gregorius Hertanto Dwi Wibowo Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng
  • Sergius Mila Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.200

Kata Kunci:

Kaul Ketaatan, Biarawan, Generasi Z, Pembinaan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana generasi religius generasi Z menghayati kaul ketaatan, tantangan dan kesulitan apa saja yang mereka alami, terutama menghadapi tantangan dunia teknologi digital tersebut. Era Generasi Z ditandai dengan ketergantungan masyarakat terhadap teknologi digital dan internet. Hasil dari kemajuan teknologi ini berdampak pada banyak aspek kehidupan baik yang terlihat maupun yang berhubungan dengan dunia batin. Tak pelak lagi, kaum religius yang mengikrarkan tiga sumpah juga menerima pengaruhnya. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dan godaan yang terkait dengan kebebasan manusia menjadi tantangan tersendiri bagi kehidupan ketaatan berkaul, terutama bagi generasi muda religius.  Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus, peneliti meneliti problematika ketaatan di Komunitas Skolastik MSC. Hasil penelitian ini memberikan gambaran deskriptif tentang karakteristik penghayatan kaul ketaatan di kalangan religius generasi Z dan saran-saran untuk pendidikan kaul ketaatan yang tepat sasaran.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2024-08-07

##submissions.accepted##

2025-05-03

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Wibowo, G. H. D., & Mila, S. . (2025). Pendidikan Kaul Ketaatan bagi Biarawan Generasi Z: Studi Kasus di Biara Skolastikat MSC Pineleng. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 5(2), 122-144. https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.200