Peran Katakese Pastoral dalam Membangun Iman dan Karakter di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.211Kata Kunci:
Katekese Pastoral, Iman, Karakter, Era Modern, Tantangan, StrategiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran katakese pastoral dalam membangun iman dan karakter di era modern. Era modern ditandai oleh perubahan sosial, budaya, dan teknologi yang cepat dan signifikan. Perubahan ini menghadirkan tantangan baru bagi iman dan karakter individu, seperti sekularisme yang meluas, pengaruh media sosial yang kuat, dan munculnya berbagai ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai moral. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis literatur yang relevan dengan topik penelitian. Literatur yang dianalisis meliputi buku-buku teologi, artikel ilmiah, dokumen Gereja Katolik, dan hasil penelitian terkait pendidikan agama dan pembentukan karakter. Temuan penting dari penelitian ini menunjukkan bahwa katakese pastoral memiliki peran yang sangat penting dalam membangun iman dan karakter individu dalam menghadapi tantangan zaman sekarang. Melalui proses pembelajaran dan pendalaman iman yang sistematis, katakese pastoral membantu individu untuk memahami ajaran Gereja secara mendalam, mengembangkan nilai-nilai moral yang kokoh, dan membangun hubungan yang erat dengan Tuhan. Lebih dari itu, katakese pastoral juga berperan dalam membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini meliputi kemampuan untuk menavigasi dunia digital dengan bijak, menganalisis informasi dengan kritis, membedakan nilai-nilai yang benar dan salah, serta membangun relasi yang sehat dengan orang lain. Implementasi katakese pastoral yang efektif dan berkelanjutan menjadi kunci dalam memperkuat dasar iman dan karakter yang kokoh pada masyarakat modern saat ini. Hal ini penting untuk membangun komunitas yang beriman, bermoral, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan zaman, serta untuk membentuk generasi penerus yang mampu menjadi garam dan terang dunia.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jordan Leki, Daniel Labatar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).