Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik bagi Generasi Alpha
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i4.248Kata Kunci:
Generasi Alpha, Teori Konstruktivisme, Pendidikan Agama KatolikAbstrak
Judul yang diangkat dalam penelitian adalah penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi Alpha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi alpha. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Piaget mengemukakan pembelajaran adalah suatu konstruksi aktif di mana individu secara terus-menerus beradaptasi dengan lingkungannya. Pendidikan agama Katolik bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai universal seperti kasih, keadilan, dan perdamaian, serta mendorong peserta didik untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Generasi Alpha, yang tumbuh di era digital, memiliki hubungan yang sangat erat dengan teknologi. Berdasarkan teori konstruktivisme Jean Piaget mengidentifikasi tiga prinsip utama dalam pembelajaran, yaitu pembelajaran aktif, pembelajaran sosial, dan pembelajaran melalui pengalaman langsung. Prinsip-prinsip tersebut dapat dilaksanakan dan diterapkan dalam pembelajaran agama Katolik penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi alpha, dapat menjadikan kegiatan atau proses pembelajaran menjadi bervariasi dan efektif, terutama jika para peserta didik dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran melalui pengalaman dan mampu menciptakan konsep baru berdasarkan pengalaman yang dialami oleh para peserta didik. Sehingga tujuan dari pembelajaran pendidikan agama Katolik dapat tercapai dengan baik.
Unduhan
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sergius Lay, Yessi Florentina Pasaribu, Martina Rosmaulina Marbun, Paulinus Kanisius Ndoa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).









