Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik bagi Generasi Alpha

Penulis

  • Sergius Lay STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Yessi Florentina Pasaribu STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Martina Rosmaulina Marbun STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Paulinus Kanisius Ndoa STP Dian Mandala Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v5i4.248

Kata Kunci:

Generasi Alpha, Teori Konstruktivisme, Pendidikan Agama Katolik

Abstrak

Judul yang diangkat dalam penelitian adalah penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi Alpha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi alpha. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Piaget mengemukakan pembelajaran adalah suatu konstruksi aktif di mana individu secara terus-menerus beradaptasi dengan lingkungannya. Pendidikan agama Katolik bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai universal seperti kasih, keadilan, dan perdamaian, serta mendorong peserta didik untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Generasi Alpha, yang tumbuh di era digital, memiliki hubungan yang sangat erat dengan teknologi. Berdasarkan teori konstruktivisme Jean Piaget mengidentifikasi tiga prinsip utama dalam pembelajaran, yaitu pembelajaran aktif, pembelajaran sosial, dan pembelajaran melalui pengalaman langsung. Prinsip-prinsip tersebut dapat dilaksanakan dan diterapkan dalam pembelajaran agama Katolik penerapan teori belajar konstruktivisme menurut Jean Piaget dalam pembelajaran pendidikan agama Katolik bagi generasi alpha, dapat menjadikan kegiatan atau proses pembelajaran menjadi bervariasi dan efektif, terutama jika para peserta didik dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran melalui pengalaman dan mampu menciptakan konsep baru berdasarkan pengalaman yang dialami oleh para peserta didik. Sehingga tujuan dari pembelajaran pendidikan agama Katolik dapat tercapai dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2025-02-06

##submissions.accepted##

2025-09-10

Diterbitkan

2025-11-11

Cara Mengutip

Lay, S., Pasaribu, Y. F. ., Marbun, M. R. ., & Ndoa, P. K. . (2025). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik bagi Generasi Alpha. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 5(4), 363-377. https://doi.org/10.52110/jppak.v5i4.248