Transformasi Pendekatan Katekese Moral Seksualitas di Era Digital: Analisis Kebutuhan dan Tantangan dalam Pembinaan Mahasiswa Katolik
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i4.264Kata Kunci:
katekese moral, seksualitas, era digital, pembinaan mahasiswa, KatolikAbstrak
Penelitian ini mengkaji bagaimana pendekatan katekese moral seksualitas bertransformasi di era digital, khususnya dalam konteks pembinaan mahasiswa Katolik. Fokus utama penelitian adalah menganalisis kebutuhan dan tantangan yang muncul dalam proses transformasi tersebut.
Metodologi yang diterapkan berupa studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan analisis berbagai sumber kredibel terkait katekese moral, pendidikan digital, dan pembinaan mahasiswa Katolik. Metodologi yang diterapkan berupa studi literatur dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan analisis berbagai sumber kredibel terkait katekese moral, pendidikan digital, dan pembinaan mahasiswa Katolik. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa keberhasilan transformasi model katekese moral seksualitas sangat ditentukan oleh kemampuannya menyatukan nilai-nilai moral Katolik dengan realitas digital yang berkembang saat ini. Hal ini mencakup pengembangan metode pembelajaran yang adaptif serta penanaman kesadaran moral yang mendalam pada mahasiswa.Dalam dimensi pastoral, transformasi ini menghadirkan implikasi kompleks yang mengharuskan adanya pengembangan kompetensi digital bagi para pelayan pastoral. Selain itu, diperlukan pendekatan yang holistik dalam membina moral seksualitas mahasiswa Katolik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program yang didasarkan pada perencanaan sistematis dengan memperhatikan tiga aspek penting, yakni: konten, metodologi, dan infrastruktur digital. Program tersebut perlu dilengkapi dengan sistem evaluasi yang efektif dan pengembangan komunitas pembelajaran yang mendukung. Kontribusi utama penelitian ini adalah memperdalam pemahaman tentang pentingnya transformasi pendekatan katekese yang mampu beradaptasi dengan era digital, tanpa mengorbankan integritas ajaran moral Katolik dalam proses pembinaan mahasiswa.
Unduhan
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Katarina Leba, Balthasar Watunglawar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).









