Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Kelas XI di SMA Negeri 1 Malaka Barat Besikama
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.5Kata Kunci:
Pendidikan Karakter; Kecerdasan EmosionalAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan karekter terhadap kecerdasan emosional siswa, dan juga mengukur seberapa besar pengaruh pendidikan karakter tersebut terhadap kecerdasan emosional anak-anak remaja. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk dapat mengetahui dan sekaligus mengukur pengaruh antara varibel X dan Varibel Y. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Malaka Barat, terutama kelas XI dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 160. Penentuan sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, sedangkan banyaknya sampel ditentukan dengan rumus slovin sebanyak 62 siswa. Penentuan sample ini dianggap reprentatif dan dapat dipertanggungjawab-kan karena menggunakan teknik baku yang dapat dipercaya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran angket, dan kemudian dilakukan analisis dengan terdahulu melakukan uji normalitas,uji korelasi product moment dan uji persaman regresi sederhana. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pendidikan karakter di sekolah dan kecerdasan emosional memiliki hubungan yang “kuat”, di mana dari hasil pengujian korelasi product moment ditemukan koefesian korelasi sebesar 0,784 atau sebesar 61,46% jika dikonversi dengan menggunakan uji koefesian determinasi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara pendidikan karakter dan kecerdesan emosional remaja sebesar 61,46% dan sisanya 38,54% ditentukan oleh faktor lain.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).