Studi tentang Peran Sosial Sekolah di SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.77Kata Kunci:
Peran sosial, sekolah, masyarakatAbstrak
Sekolah merupakan tempat yang baik untuk mengembangkan masyarakat. Agar terbentuk masyarakat yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi, hal tersebut dapat dimulai dengan cara mengembangkan sekolah yang ada di sekitarnya. Kerja sama antara warga masyarakat sekitar dan pemerhati pendidikan tersebut membuahkan hasil di daerah Sorowajan, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan tentang peran sosial SD Kanisius Sorowajan di tengah-tengah masyarakat. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Kanisius Sorowajan, Bantul, Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus secara kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik (in depth analysis) yaitu dengan meringkas, mengkategorikan, dan menginterpretasikan data menjadi narasi. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa, guru, karyawan dari SD Kanisius Sorowajan dan warga masyarakat sekitar sekolah. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei hingga September 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sosial SD Kanisius Sorowajan bukan hanya berupa kegiatan sosial namun juga keterlibatan aktif sekolah dalam setiap aspek kehidupan masyarakat sekitar sekolah. Kegiatan sosial yang sudah dilaksanakan yaitu: menengok warga yang sakit, membagikan sembako bagi lansia, warga masyarakat yang terkena covid-19, warga mayarakat yang membutuhkan, melayat, doa bersama lintas agama dan ruwahan. Dukungan sekolah bagi masyarakat saat warga membutuhkan tempat untuk kegiatan pemuda, arisan RT, tirakatan, temu alumni, Sekolah Minggu, resepsi perkawinan, misa lingkungan setiap Selasa malam, dan lain-lain; sambil menyediakan pula tikar, sound system, maupun tenaga untuk membantu kegiatan perbaikan jalan.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Purnama Dian, Emilya Tyas Wahyu Ningsih, Theresia Mardinah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).