Membangun Semangat Pelayanan Calon Katekis dalam Kegiatan Rohani di Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v4i1.99Kata Kunci:
Calon Katekis, Tugas Kakatekis, Kegiatan RohaniAbstrak
Masalah utama yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini
yaitu keprihatinan penulis terhadap minimnya keterlibatan calon
katekis secara aktif dalam kegiatan rohani di lingkungan.
Ketidakaktifan para calon katekis akan mempengaruhi tugas
pokoknya di masa depan sebagai seorang katekis profesional.
Persoalan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu minimnya
kehadiran mereka dalam kegiatan rohani serta minimnya
kesadaran akan tugas pokok dari seorang katekis. Penelitian ini
bertujuan agar lembaga pendidikan formal yang mendidik para
calon katekis lebih fokus dalam mendidik dan mempersiapkan
mahasiswa untuk menjadi katekis profesional di tengah umat.
Sasaran lainnya adalah meningkatkan kesadaran sejak dini para
calon katekis akan tugas pokok yang akan mereka emban.
Penulis melakukan wawancara dengan informan-informan
penelitian untuk menggali data. Subyek utama dari penelitian ini
adalah mahasiswa, sedangkan subyek pendukungnya adalah
para pemimpin umat atau pengurus lingkungan. Penulis
menggunakan teknik wawancara terbuka untuk berkomunikasi
dan menggali data dari para informan. Temuan dalam penelitian
ini yaitu minimnya keaktifan dan ketidaktahuan para calon katekis
akan tugas yang mereka emban. Menindaklanjuti penelitian ini,
maka perlu adanya kontrol dari kampus ke para calon katekis
dalam bentuk penugasan dan praktik di lingkungan yang sifatnya
berkelanjutan selain itu perlu ditingkatkannya koordinasi antar
lembaga pendidikan yang membina para calon katekis dengan
Gereja atau paroki.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hemma Gregorius Tinenti, Emilia Barek Ola
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).