Optimisasi Katekese Digital: Pemberdayaan Mahasiswa Katekis dalam Evangelisasi Baru
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v4i2.161Kata Kunci:
Optimasi, Pemberdayaan, katekese digital, evangelisasi baruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya
pemberdayaan mahasiswa katekis dalam menghadapi tantangan
di era digital, dengan fokus pada pengembangan keterampilan
berkatekese melalui pendekatan katekese digital. Digitalisasi di
segala aspek kehidupan mempengaruhi banyak hal, yang
tentunya perlu diwaspadai termasuk dalam kegiatan
evangelisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini
melibatkan mahasiswa katekis sebagai partisipan utama serta
sumber data utama. Program “Memberdayakan Mahasiswa
Katekis untuk Evangelisasi Baru” ini dirancang untuk
meningkatkan pemahaman mereka tentang keterampilan
berkatekese, khususnya dalam konteks penggunaan media
digital. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan
signifikan pada aspek pemahaman mahasiswa calon katekis
tentang keterampilan berkatekese setelah mengikuti program ini.
Pelatihan khusus dan praktik langsung dalam katekese digital
telah memberikan dampak positif, hal ini memungkinkan
mahasiswa katekis untuk lebih efektif dalam menyampaikan
pesan evangelisasi. Peningkatan keterampilan berkatekese ini
juga berkontribusi pada meningkatnya keberanian mahasiswa
calon katekis dalam menghadapi tantangan komunikasi di era
digital. Penelitian ini memberikan dasar untuk pemahaman yang
lebih mendalam tentang pentingnya pengembangan
keterampilan berkatekese dalam merespons perubahan konteks
komunikasi keagamaan. Implikasi praktisnya meliputi
peningkatan program pelatihan keterampilan berkatekese dan
penyesuaian kurikulum katekese, guna memfasilitasi adaptasi
mahasiswa calon katekis terhadap lingkungan digital yang terus berkembang. Program-program tersebut mendorong aktivitas
katekis dan membuat kegiatan yang diharapkan menjadi lebih
efektif dan relevan dalam menjalankan misi evangelisasi di era
digital ini.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Emmeria Tarihoran, Antonius Denny Firmato
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).