Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19 dari Perspektif Mahasiswa Calon Guru Agama Katolik: Tantangan dan Peluang
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v2i2.61Kata Kunci:
Covid-19, Pembelajaran Daring, Peluang, TantanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang dalam pelaksanaan pembelajaran daring di STP-IPI Malang selama masa pandemi Virus Corona 19 (COVID-19) dari perspektif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK). Data diperoleh melalui survei dengan angket terbuka yang diedarkan melalui Google Form. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Tahap reduksi data dilakukan dengan mengelompokkan semua data yang diperoleh menurut kategori yang ditentukan. Selain itu, penyajian data berdasarkan kategori yang diatur menurut peraturan kemudian menghilangkan hal-hal yang tidak sesuai. Tahap selanjutnya, memberikan makna dan kesimpulan dari data yang diolah sebagai hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang pembelajaran online menawarkan kesempatan untuk belajar bagaimana menggunakan teknologi dengan fungsi yang tersedia, membantu mahasiswa untuk lebih kreatif, serta memperoleh kemampuan untuk membentuk pembelajaran menggunakan sarana yang tersedia di perangkat teknologi yang digunakan. Meskipun demikian, pada kenyataannya kecenderungan malas, kurang berinteraksi dengan teman sebaya, kurang disiplin, mudah bosan, dan kurang fokus dalam belajar merupakan tantangan yang mendominasi mahasiswa. Sangat dirasakan bahwa penerapan pembelajaran pembentukan diri yang menjadi ciri khas dari Program Studi PPAK ini tidak dapat dilaksanakan secara efektif dan maksimal.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Emmeria Tarihoran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).