Strategi Pendidikan Agama Katolik untuk Generasi Z dalam Menciptakan Kebermaknaan Spiritual di Era Digital

Penulis

  • Yohanes Chandra Kurnia Saputra STAKat Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v5i1.187

Kata Kunci:

Spiritual Meaning, Digital World, Catholic Religious Education and Generation Z

Abstrak

Penelitian ini membahas strategi pendidikan agama Katolik untuk Generasi Z dalam menghadirkan kebermaknaan spiritual di dunia digital. Generasi Z, yang ditandai oleh ciri-ciri seperti keterampilan teknologi tinggi dan preferensi belajar yang berbeda, menghadapi tantangan unik dalam pendidikan agama. Perkembangan teknologi digital memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari Generasi Z, dengan media sosial dan platform digital menjadi pengaruh utama. Namun, ada dampak positif dan negatif terhadap spiritualitas dan pendidikan agama Katolik. Integrasi teknologi digital dengan pendidikan agama Katolik menjadi penting. Penelitian ini mengeksplorasi teori pembelajaran digital dan e-learning serta model integrasi teknologi yang berhasil dalam konteks pendidikan agama Katolik. Pendekatan pedagogis yang efektif, strategi interaktif, dan metode inovatif diperlukan untuk mengajar nilai-nilai spiritual melalui teknologi. Kebermaknaan spiritual di era digital menjadi fokus utama. Penelitian ini mendefinisikan kebermaknaan spiritual, menyoroti cara-cara untuk mencapai dan mempertahankannya di dunia digital, dan menggambarkan peran pendidikan agama Katolik dalam proses ini. Penelitian ini mengaitkan teori pendidikan agama, karakteristik Generasi Z, dan perkembangan teknologi digital untuk merumuskan strategi pendidikan yang efektif. Dengan memahami karakteristik Generasi Z dan dampak teknologi digital, pendekatan pendidikan agama Katolik dapat disesuaikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Integrasi teknologi dapat digunakan untuk memperkuat nilai-nilai spiritual dan mendukung pembentukan karakter. Dalam era digital ini, pendidikan agama Katolik memiliki peran vital dalam membantu Generasi Z menemukan dan mempertahankan kebermaknaan spiritual dalam kehidupan mereka.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2024-06-04

##submissions.accepted##

2024-11-11

Diterbitkan

2025-02-11

Cara Mengutip

Kurnia Saputra, Y. C. (2025). Strategi Pendidikan Agama Katolik untuk Generasi Z dalam Menciptakan Kebermaknaan Spiritual di Era Digital . Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 5(1), 21-43. https://doi.org/10.52110/jppak.v5i1.187