Strategi Pendidikan Agama Katolik untuk Generasi Z dalam Menciptakan Kebermaknaan Spiritual di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i1.187Kata Kunci:
Spiritual Meaning, Digital World, Catholic Religious Education and Generation ZAbstrak
Penelitian ini membahas strategi pendidikan agama Katolik untuk Generasi Z dalam menghadirkan kebermaknaan spiritual di dunia digital. Generasi Z, yang ditandai oleh ciri-ciri seperti keterampilan teknologi tinggi dan preferensi belajar yang berbeda, menghadapi tantangan unik dalam pendidikan agama. Perkembangan teknologi digital memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari Generasi Z, dengan media sosial dan platform digital menjadi pengaruh utama. Namun, ada dampak positif dan negatif terhadap spiritualitas dan pendidikan agama Katolik. Integrasi teknologi digital dengan pendidikan agama Katolik menjadi penting. Penelitian ini mengeksplorasi teori pembelajaran digital dan e-learning serta model integrasi teknologi yang berhasil dalam konteks pendidikan agama Katolik. Pendekatan pedagogis yang efektif, strategi interaktif, dan metode inovatif diperlukan untuk mengajar nilai-nilai spiritual melalui teknologi. Kebermaknaan spiritual di era digital menjadi fokus utama. Penelitian ini mendefinisikan kebermaknaan spiritual, menyoroti cara-cara untuk mencapai dan mempertahankannya di dunia digital, dan menggambarkan peran pendidikan agama Katolik dalam proses ini. Penelitian ini mengaitkan teori pendidikan agama, karakteristik Generasi Z, dan perkembangan teknologi digital untuk merumuskan strategi pendidikan yang efektif. Dengan memahami karakteristik Generasi Z dan dampak teknologi digital, pendekatan pendidikan agama Katolik dapat disesuaikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Integrasi teknologi dapat digunakan untuk memperkuat nilai-nilai spiritual dan mendukung pembentukan karakter. Dalam era digital ini, pendidikan agama Katolik memiliki peran vital dalam membantu Generasi Z menemukan dan mempertahankan kebermaknaan spiritual dalam kehidupan mereka.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yohanes Chandra Kurnia Saputra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).