Analisis Tanggung Jawab Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa STPKat di Santo Fransiskus Asisi Semarang
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v2i1.40Kata Kunci:
PPL on line; tanggung jawab; kedewasaan; spritualitas iman; komitmen; interaksi ekologisAbstrak
Penelitian ini membahas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa. Terdapat tujuh subjek dalam penelitian ini. PPL dalam progam S-1 Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan dan mematangkan potensinya sebagai calon guru agama yang profesional. PPL online adalah salah satu mata kuliah wajib tempuh untuk menuntaskan dan menerapkan pengetahuan yang sudah dimiliki untuk diaplikasikan di lingkungan sekolah. Dengan adanya PPL online ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan diri untuk bekal sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis dalam dunia pendidikan.Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui proses mahasiswa menjadi bertanggung jawab atau tidak bertanggung jawab dalam kegiatan mengajar PPL secara online. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan atau ketidakberhasilan kegiatan mengajar PPL secara online yang dimiliki oleh mahasiswa STPKat Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Peneliti bertindak sebagai saksi hidup dari pola perilaku tanggung jawab subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan empat hal. Pertama, kedewasaan menjadi faktor utama dalam tanggung jawab PPL secara online. Kedua, spritualitas iman menjadi faktor penting dalam tanggung jawab PPL secara online. Ketiga, komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam PPL online baik dari pihak guru maupun murid menjadi faktor penting dalam keberhasilan tanggung jawab PPL. Keempat, interaksi ekologis baik dari pihak mikro-meso-ekso-makrosistem menjadi faktor penting dalam keberhasilan PPL secara online.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Gregorius Daru Wijoyoko, Andarweni Astuti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).