Hubungan antara Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Sekolah dan Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Menengah Katolik

Penulis

  • Romaria Magdalena Naibaho Unit Pengembangan Pastoral Pendidikan Keuskupan Agung Semarang (UP3-KAS)
  • Theresia Galuh UP3KAS
  • Sesilia Adhi Wahyu Utami

DOI:

https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.67

Kata Kunci:

partisipasi siswa, perilaku Prososial, siswa sekolah menengah Katolik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi siswa dengan perilaku Prososial pada siswa Sekolah Menengah Katolik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional antar variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Katolik di wilayah Kevikepan Kedu, yaitu SMA Tarakanita Magelang, SMA Pangudi Luhur Van Lith, dan SMK Pangudi Luhur Muntilan dengan jumlah responden sebanyak 295 orang. Alat ukur yang dipakai ialah Skala Partisipasi Siswa dan adaptasi Skala Perilaku Prososial. Teknik analisis yang digunakan, yaitu teknik korelasi product moment dari Spearman's rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) terdapat hubungan yang negatif serta signifikan antara partisipasi serta dimensi publik dengan nilai koefisien sebesar -0,180 (p=0,000<0,05), (b) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi dengan dimensi anonymous sebesar 0,240, emotional sebesar 0,181, dan compliant dengan nilai koefisien sebesar 0,240 dengan (p=0,000<0,05). Di samping itu, ada 2 hubungan di antara partisipasi dengan dimensi dire dan altruism yang tidak bisa diketahui dikarenakan syarat linieritas tidak tercukupi.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2022-09-26

##submissions.accepted##

2023-03-12

Diterbitkan

2023-03-25

Cara Mengutip

Naibaho, R. M. ., Galuh, T., & Utami, S. A. W. . (2023). Hubungan antara Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Sekolah dan Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Menengah Katolik. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 3(1), 001-019. https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.67