Hubungan antara Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Sekolah dan Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Menengah Katolik
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.67Kata Kunci:
partisipasi siswa, perilaku Prososial, siswa sekolah menengah KatolikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi siswa dengan perilaku Prososial pada siswa Sekolah Menengah Katolik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional antar variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Katolik di wilayah Kevikepan Kedu, yaitu SMA Tarakanita Magelang, SMA Pangudi Luhur Van Lith, dan SMK Pangudi Luhur Muntilan dengan jumlah responden sebanyak 295 orang. Alat ukur yang dipakai ialah Skala Partisipasi Siswa dan adaptasi Skala Perilaku Prososial. Teknik analisis yang digunakan, yaitu teknik korelasi product moment dari Spearman's rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) terdapat hubungan yang negatif serta signifikan antara partisipasi serta dimensi publik dengan nilai koefisien sebesar -0,180 (p=0,000<0,05), (b) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi dengan dimensi anonymous sebesar 0,240, emotional sebesar 0,181, dan compliant dengan nilai koefisien sebesar 0,240 dengan (p=0,000<0,05). Di samping itu, ada 2 hubungan di antara partisipasi dengan dimensi dire dan altruism yang tidak bisa diketahui dikarenakan syarat linieritas tidak tercukupi.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Theresia Galuh, Romaria Magdalena Naibaho, Sesilia Adhi Wahyu Utami
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).