Community Development dalam Penerapan Nilai-Nilai Moral Kristiani di SMAK Setia Bakti Ruteng, Kabupaten Manggarai
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v2i2.52Kata Kunci:
Community Development, Nilai Moral KristianiAbstrak
Pendidikan karakter merupakan aksentuasi pendidikan Indonesia sekarang ini. Amanat UUD 1945 alinea ke-4 yang mendorong tujuan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, secara operasional diimplementasikan dalam rencana strategis pendidikan formal melalui rancangan kurikulum 2013 yang menekankan “peningkatan akhlak yang mulia”. Ada berbagai nilai karakter yang ingin ditanamkan pada peserta didik. Salah satu nilai karakter yang penting adalah nilai moral religius. SMAK Setia Bhakti Ruteng, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu sekolah menengah atas yang fokus pada penanaman nilai karakter religius khususnya nilai moral Kristiani. Sesuai spirit pengelola sekolah, yaitu Para Suster SSpS (Servorum Spiritu Sancto), nilai moral Kristiani/Katolik merupakan pusat perhatian pengembangan karakter di tempat ini. Nilai tersebut meliputi kerja sama, kejujuran, tanggung jawab, iman/percaya, pengorbanan, keserdehanaan dan kasih. Hasil tes awal menunjukkan bahwa tiga nilai yaitu kerja sama, kejujuran dan tanggung jawab dinilai kurang memuaskan dimiliki para peserta didik. Terdorong oleh keprihatinan terhadap kondisi awal ini maka dilakukan suatu tindakan penanaman nilai dengan menerapkan metode penelitian tindakan yang meliputi tahap pra tindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II dengan berpedoman pada metode penelitian tindakan Kemis dan Mc Stagart. Langkah-langkah setiap tahapan siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan refleksi. Isi tindakan yang dilakukan adalah internalisasi nilai moral Kristiani dalam setiap tahap tindakan dengan menggunakan pendekatan community building. Hasil tindakan menunjukkan bahwa pendekatan community building memiliki tren penilaian positif dengan perolehan gain score sebesar 62%. Itu berarti pendekatan community building yang dilakukan dapat mendongkrak kenaikan 62% nilai moral Kristiani peserta didik di SMAK Setia Bhakti Ruteng.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Keristian Dahurandi, Paulus Tolo, Fredrikus Djelahu Maigahoaku
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).