Katekis dan Pastoral Kehadiran: Menjawab Tantangan Zaman melalui Pembinaan Nilai-Nilai Keutamaan Kristiani
DOI:
https://doi.org/10.52110/jppak.v5i2.227Kata Kunci:
Katekis, Keutamaan Kristiani, Pastoral Kehadiran, UmatAbstrak
Peran katekis dalam Gereja Katolik sangat penting dalam membantu umat memahami dan menghayati ajaran Kristiani melalui pastoral kehadiran, yaitu kehadiran nyata yang membangun iman, harapan, dan kasih di tengah umat. Katekis tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendamping spiritual yang mendukung kehidupan umat sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran katekis dalam membangun nilai-nilai keutamaan Kristiani sekaligus mengidentifikasi tantangan dan peluang yang mereka hadapi dalam melaksanakan pastoral kehadiran. Melalui metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, peneliti berusaha melakukan analisis terhadap sumber-sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dokumen Gereja serta literatur akademis terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa katekis berperan penting dalam memperkuat iman umat melalui pengajaran, pendampingan spiritual, dan penguatan kehidupan sakramental, serta menjadi pembawa harapan di tengah berbagai tantangan kehidupan umat. Selain itu, melalui pastoral kehadiran, mereka memotivasi umat untuk mewujudkan kasih dalam tindakan nyata, seperti pelayanan sosial dan solidaritas komunitas. Namun, penelitian ini juga mengungkap sejumlah tantangan, seperti keterbatasan pelatihan, kekurangan katekis di wilayah terpencil, serta pengaruh modernitas yang mendorong sekularisasi dan individualisme. Temuan menunjukkan perlunya inovasi dalam pendekatan pastoral, dengan hadir di tengah-tengah umat untuk menjawab kebutuhan umat yang semakin beragam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pastoral kehadiran oleh katekis merupakan wujud nyata penggembalaan Gereja dan perwujudan kasih Kristus di tengah umat. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan program formasi katekis dan strategi pelayanan pastoral yang lebih efektif agar Gereja tetap relevan dalam menghadapi perubahan zaman dan tantangan modern, sekaligus memperkuat nilai-nilai keutamaan Kristiani di tengah umat Katolik.
##submission.downloads##
Telah diserahkan
##submissions.accepted##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Marianus Rago Kristeno, Angelina Febrianty Mukin, Karolina Suwul, Teresia Noiman Derung

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan tentang Hak Cipta dan Izin
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) mengizinkan secara langsung akses terbuka atas seluruh isinya berdasarkan prinsip mau menjadikan riset-riset terbuka bagi umum, terutama insan cendekia, untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan terbuka secara global. Jurnal ini mendorong semua penulis ilmiah untuk mengizinkan hasil riset mereka untuk tersedia secara terbuka, gratis, dan tanpa pembatasan waktu.
Semua artikel dipublikasikan secara Open Access sehingga secara serta-merta dan permanen menjadi gratis untuk dibaca dan diunggah semua orang. Namun, berdasarkan lisensi CC BY-SA 4.0, setiap penulis atau author tetap menjadi pemilik hak cipta dari artikel masing-masing, dengan tetap memberi izin bagi yang lain untuk menggunakan isi dari artikel yang bersangkutan dalam JPPAK secara sebagian atau seluruhnya asal disitasi secara benar. Para pengguna JPPAK diharuskan untuk mensitasi sumber asli dengan mencantumkan sekurang-kurangnya: judul lengkap artikel, nama lengkap pengarang(-pengarang), JPPAK sebagai nama jurnal yang mempublikasi artikel, tahun penulisan, dan nomor edisi, dengan menggunakan metode sitasi yang wajar.
Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk menggandakan dan mempublikasi artikel ybs. dalam segala bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, atau cara reproduksi yang lain, termasuk terjemahan. Segala bentuk reproduksi dari jurnal ini, sebagian ataupun keseluruhan, penyimpanannya dalam database, serta penyebaran fotokopi, hasil pindai, rekaman, media magnetik dalam segala bentuk media, baik elektronik, elektrostatik dan mekanis harus mengikuti ketentuan lisensi yang disebutkan di bawah ini.
Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik (JPPAK) berlisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International. (CC BY-SA 4.0)
Setiap penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam JPPAK setuju dan sepakat untuk mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
- Para penulis tetap memiliki Hak Cipta atas artikelnya, namun memberikan izin kepada JPPAK sebagai penerbit pertama dan pada waktu yang bersamaan meletakkannya di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memberikan izin kepada yang lain untuk membagikan karya yanga bersangkutan dengan pengakuan karya penulis dan penerbitan pertamanya dalam jurnal ini.
- Para penulis diizinkan untuk mengadakan kontrak atau kesepakatan terpisah untuk suatu bentuk distribusi lain (misalnya, repositori institusi tertentu atau bagian dari buku tertentu), sejauh mencantumkan JPPAK sebagai tempat pertama publikasi.
- Para penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karyanya secara daring (misalnya, lewat repositori institusi atau situs masing-masing) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) setelah publikasi dalam JPPAK, karena dengan demikian pertukaran dan perkembangan ilmu dapat terjadi secara lebih produktif. Demikian juga hal ini akan mendorong sitasi yang lebih awal dan lebih banyak (lih. The Effect of Open Access).